Tuesday, March 20, 2007

Perak Harga Bersaing

Guys, sudah beberapa tahun belakangan ini aku menawarkan perhiasan-perhiasan perak kepada orang-orang yang kukenal di sekitarku. Harganya sangat terjangkau. Sangat bersaing. Sulit menemukan harga yang berani bersaing dengan tawaranku lho. Sungguh nih.

Aku sudah riset harga. Hitung-hitung ini bisnisku sekarang sih .. Tak banyak model perhiasan yang kujual selama ini. Umumnya berupa cincin, anting dan bros. Ini satu paket yang paling sering menarik perhatian kalangan dekatku.

Sebenarnya ada banyak model perhiasan perak. Aku khusus menawarkan benda-benda perak yang dibuat oleh tangan manusia, terutama dari Kotagede di Yogyakarta. Yang kutawarkan biasanya berupa perhiasan untuk tubuh manusia atau kerajinan untuk hiasan di ruang tamu. Yang terakhir ini misalnya berupa maket kecil candi Borobudur, atau kereta kencana yang ditunggangi oleh Arjuna dan saisnya Prabu Kresna. Bagus sekali. Entah mengapa kok banyak orang suka perhiasan rumah seperti itu.

Nah, kerajinan karya tangan manusia itulah keistimewaan dari penawaranku. Bukan terutama buatan pabrik yang memang halus tapi tak membawa sentuhan manusia secara langsung. Ini terutama khusus untuk cincin, bros, anting. Untuk kalung agak sulit para pengrajin di Kotagede untuk membuatnya. Soalnya njlimet banget tuh. Ruas-ruas kalung yang biasa terbuat dari emas atau perak umumnya sangat kecil. Peralatan yang dipakai oleh para pengrajin di Kotagede tak pada tempatnya menandingi presisi mesin pahat. Sepengetahuanku, para pengrajin perak belum ada yang bisa membuat kalung.