Friday, July 19, 2013

Proses Pembuatan Kerajinan Perak Kotagede, Jogja.



Proses Pembuatan Kerajinan Perak Kotagede, Jogja.

Selain Kotagede, sebenarnya ada beberapa sentra kerajinan perak lain di Indonesia,seperti Bali dan Lombok. Namun, kerajinan perak Kotagede memiliki ciri khas tersendiri,yakni tetap dipertahankannya proses pembuatan barang kerajinan secara manual.

Lokasi perajin perak di Kotagede tersebar merata, mulai dari Pasar Kotagede sampaiM asjid Agung. Saat ini sekitar 60 toko yang menawarkan berbagai produk kerajinan perak.Sedikitnya ada empat jenis tipe produk yang dijual, yakni filigri (teksturnya berlubang-lubang), tatak ukir (teskturnya menonjol), casting (dibuat dari cetakan), dan jenis handmade (lebih banyak ketelitian tangan, seperti cincin dan kalung).

Untuk memperoleh sebuah bentuk, banyak proses yang harus dikerjakan seorang perajin.Yanto, perajin perak, menjelaskan, tahap paling awal adalah membuat desain, kemudian memindahkan desain itu ke cetakan. Selanjutnya, lempengan kuningan atau tembaga sebagai bahan dasar didrik dengan memakai timah lunak. Setelah didrik baru dirangkai. Langkah terakhir adalah pelapisan bentuk yang sudah jadi dengan perak melalui proses penyepuhan.Sebagian bentuk memerlukan proses yang berbeda. Perak lempengan harus dipahat sedikit demi sedikit dengan lembaran aspal atau lilin atau kawat perak tipis, dan dirangkai sedemikian rupa untuk memperoleh bentuk yang dikehendaki.

Kebanyakan ornamen kerajinan perak Kotagede sangat dipengaruhi oleh motif kain batik.Penentuan harga barang kerajinan perak tidak hanya didasarkan pada besar-kecil atau beratnya, tetapi juga nilai seni dan tingkat kerumitan dalam pengerjaannya.

(scribd)

I am Antok from Yogyakarta, Indonesia. Do you love handmade silver jewelries directly from the crafters in Kotagede?
Contact me: Antonius Bramanty Sri Wardhana (Antok); 0812 2700 3375 ; 085726103393 (+SMS); E:kgperak_925@yahoo.com; Twitter:kgperak ; FB:antonius bramanty sri wardhana ; PIN BB: 28AC4A3C. Address: KG Perak, Jl. Mondorakan no.81, Kotagede, Yogyakarta,dan XT SQUARE (terminal lama umbulharjo) kios C lantai 2 no 79 Indonesia.
Menyediakan berbagai kerajinan perak langsung dr pusat perak Kotagede Yogyakarta.