Sunday, December 30, 2012

Cara Membersihkan Perhiasan Perak dengan Tepung Soda


  1. Rebuslah air secukupnya, sampai seukuran nantinya semua barang-barang Anda yang terbuat dari logam perak (tidak hanya perhiasan) dapat tenggelam di dalam air.
  2. Letakkan aluminium foil di dalam tempat atau bejana yang akan Anda pergunakan untuk merendam barang-barang perak. Kalau Anda punya aluminium foil yang sudah dipakai, atau bekas, kiranya akan lebih hemat. Jika Anda pergunakan aluminium foil baru, maka sebaiknya foil itu Anda remas terlebih dahulu.
  3. Letakkan barang-barang perak Anda di dalam bejana yang sudah siap itu. Pastikan bahwa barang-barang perak itu memang menyentuh aluminium foil.
  4. Taburkan secukupnya tepung soda di atas barang-barang perak itu. Secukupnya, artinya sejauh bahan-bahan perak itu tertutup oleh tepung soda.
  5. Tuangkan air mendidih tadi ke dalam bejana yang telah disiapkan keperluannya sampai semua bahan perak itu terendam. Akan keluar gelembung-gelembung udara, dan akan tercium bau kurang enak (seperti telur busuk? Ini terjadi karena gas sulfur terlepas pada saat terjadi aksi pembersihan kotoran-kotoran pada bahan-bahan perak). Biarkan beberapa saat sampai tampak ada perubahan penampilan pada bahan-bahan perak.
  6. Ambillah semua bahan perak itu dengan hati-hati. Pastikan bahan-bahan perak itu menyentuh aluminium foil. Dan lihatlah apakah terjadi perubahan penampilan. Lebih bersih? Bersinar lagi?
  7. Bilas semua bahan perak itu dengan air. Kalau seandainya Anda pergunakan air dari kran, jangan lupa tempatkan semua bahan itu pada tempat yang dapat menyaring, sehingga Anda tidak akan kehilangan satu pun bahan perak yang terkecil seperti anting-anting atau cincin karena terbawa air masuk ke dalam lubang saluran air keluar ..
  8. Keringkanlah bahan-bahan perak itu dengan kain kering yang bersih .. Mudah kan?



Ini kami pelajari dari mbak Rachel Yatuzis, seorang presenter eHow. Anda juga dapat melihat videonya di bawah ini yang sangat praktis dan berguna untuk memelihara barang-barang perak Anda ..