Sunday, December 30, 2012

Cara Membersihkan Perhiasan Perak dengan Odol

Mengapa kita menghabiskan biaya untuk membeli alat pembersih yang mahal untuk perhiasan perak yang kotor, jika ternyata Anda dapat menggunakan odol atau pasta gigi? Tapi memang kita mesti agak teliti ketika memilih menggunakan odol yang mana, sebab yang mampu membersihkan kotoran yang menempel pada bahan perak adalah unsur soda yang tercampur dengan air di dalam odol. Maka, pilihlah dan pergunakanlah odol yang mengandung unsur soda untuk membersihkan perhiasan perak.

Ada manfaat lain dari penggunaan odol untuk membersihkan perhiasan perak. Anda tidak akan hanya menghemat biaya, tetapi juga bahwa odol pada hematnya bukanlah bahan beracun sehingga akan mempermudah kegiatan Anda membersihkan perhiasan perak dari kotoran.

Berikut ini adalah cara dan langkah-langkahnya.
  1. Pilihlah odol yang mengandung soda. Jangan ambil pasta gigi yang berupa jel karena biasanya odol jenis ini tidak mengandung soda. Dan juga janganlah menggunakan odol yang mengandung zat pengendali tartar atau zat pemutih karena bahan-bahan ini justru berdampak memudarkan kerling perhiasan perak.
  2. Gunakanlah kain bersih yang dilembabkan (dibasahi air, kemudian diperas secara perlahan) untuk membersihkan benda-benda perhiasan yang bentuk motifnya bisa rumit dan rentan patah. Basahi perhiasan perak dan tempelkan pasta gigi pada perhiasan yang mau Anda bersihkan. Mulailah dengan sedikit volume odol. Tekan perlahan-lahan batang odol sehingga Anda dapat mengendali volume sedikit odol yang dimaksudkan.
  3. Tambahkan sejumlah tekanan odol berikutnya jika kain pembersih menjadi berubah warna menjadi lebih kotor, dan lanjutkan menggosokkannya secara perlahan-lahan. Basuhlah perhiasan supaya odol yang sudah berubah warna itu larut ke dalam air, dan juga cuci lalu bilaslah kain pembersih yang juga sudah berubah warna itu, dan kemudian lanjutkan lagi upaya Anda membersihkan dengan leletan odol selanjutnya.
  4. Jika ada kotoran yang sulit hilang atau ada kotoran di sela-sela sempit dari lekuk-lekuk perhiasan, maka pergunakanlah sikat gigi yang lembut bulu-bulunya. Ambillah sikat gigi dengan bulu-bulu berukuran lembut (soft). Sikat gigi bekas pun kiranya juga sudah mencukupi untuk keperluan ini.
  5. Bilaslah perhiasan-perhiasan perak yang Anda bersihkan dengan air hangat dan keringkanlah dengan handuk yang lembut ..